Halaman

Rabu, 28 April 2010

Informasi Teknologi

SGD 1

LBM 2

Step 1

Learning resources    :segala sumber yang baik berupa orang, data yang memungkinkan prosedurnya seseorang bisa belajar apabila berinteraksi dengannya.

Jurnal     : - kumpulan artikel ilmiah/hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala dan dapat di akses dimanapun dan oleh siapapun.

- Belum tentu dapat di akses oleh semua orang

Buku teks        : sumber pustaka yang ditulis seseorang ahli dalam bidangnya.

Ensiklopedia    : buku berisi uraian ringkas tentang berbagai hal dari ilmu pengetahuan yang dilengkapi gambar disusun berdasarkan abjad.

SGD    : suatu kelompok kecil 5-12orang saling bertukar pikiran untuk memecahkan masalah.

  • Suatu mekanisme pembelajaran dimana mahasiswa dituntut aktif.


 

Step 2

Learning issu&resources,SGD

Cara memperolah sumber belajar efektif

Learning resources(cara menentukan sumber belajar yang tepat guna dan falid )

Step 3

  1. Macam-macam sumber belajar
  • Media elektronik,media cetak,buku-buku pembelajaran,jurnal ,artikel,ensiklopedia,dari pakar maupun ahli.
  • Library Resource System: Sumber pembelajaran atau sumber informasi yang terdapat dalam perpustakaan. Baik perpustakaan biasa maupun perpustakaan elektronik
  • Automated Information Retrieval System: mencari sumber pembelajaran melalui situs pencari di internet (browsing internet)
  • Key Professional text and journal: mencari sumber pembelajaran atau sumber informasi belajar melalui media cetak yaitu text book dan jurnal.


     

  1. kriteria mencari sumber belajar yang baik
  • falid
  • up todate
  • sumber terpercaya
  • convenient : Tepat,cocok
  • most up to date : sering diperbarui
  • easily found : mudah didapat
  • easily accesible : mudah diterima
  • exact information can be located ( FK UNAIR )
    • Dengan melakukan telaah Kritis yaitu penilaian makalah penelitian yang dipublikasikan. Karena misalkan
      Bila seseorang membaca jurnal ilmiah tanpa melakukan telaah kritis ia tidak mengetahui kelemahan penelitian, sehingga apabila penulis menyimpulkan sesuatu yang salah (yang mungkin saja terjadi ) maka konsekwensinya ia akan mengadopsi simpulan yang salah.
  1. Tujuan mencari Sumber Belajar

    -    untuk memudahkan menyelesaikan masalah yang dihadapi.

    -     mendapatkan informasi untuk menjawab LI

    -     mendapatkan tambahan informasi yang sebelumnya belum didapatkan.

    -membantu mengelola pendidikan di berbagai jenjang dalam berupaya meningkatkan kualitas pendidikan

    -mengembangkan sistem penjaminan mutu terhadap pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan, memberikan umpan balik pada kepala pngambil keputusan di berbagai jenjang.

    -mengembangkan layanan untuk meningkatkan ketrampilan belajar mahasiswa dalam pengembangan karir.

    -mengembangkan sistem instruksional yang mengarah pada peningkatan kompetensi kelulusan

    -menkoordnasikan sumber daya untuk mengoptimalkan sumber belajar melakukan deserimnasi dan pelatihan pembuatan bahan ajar serta pemafaatan media pembelajaran.


     

  2. Hambatan mencari Sumber Belajar
  • Kurangnya dana dan prasarana
  • Sifat malas
  • Kurangnya efisiensi waktu
  • Jumlah buku pembelajaran yang terbatas
  1. apa kelebihan &kekurangan mencari Sumber Belajar internet
  • kelebihan

    -mendapatkan sumber belajar yang banyak

    - akses cepat dan murah dan mudah

    - mendapatkan Sumber Belajar yang falid sesuai dengan tujuan

  • kekurangan

    - adanya data yang kurang falid

    - adanya virus

Kelebihan

Kekurangan

  1. Dapat mendapatkan informasi lebih banyak dan lengkap.
  2. Dapat mendapatkan informasi lebih cepat sebelum buku tersebut terbit.
  3. Bisa bertukar pikiran.
  4. Berkomunikasi tanpa ada batasan ruang dan waktu.
  5. Menambah relasi
  6. Menambah wawasan
  1. Mengakses situs-situs porno
  2. Tidak semua informasi terjamin akurasinya.
  3. Terjadinya pelanggaran privasi.
  4. Dapat menimbulkan keresahan sosial
  5. Terjadi pembajakan intelektual
  6. Tidak adanya penyaringan informasi yang masuk ke suatu negara
  7. Banyak virus komputer yang tersebar di internet


 

  1. Fungsi learning resources
  • Untuk mencapai tujuan belajar peserta didik.
  • Menambahkan wawasan dan ilmu pengetahuan
  • Untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi&menambah wawasan yang luas.
  • Fungsi learning resources
  • Fungsi sumber
    belajar menurut Hanafi (1983: 4-6) adalah untuk:
  • a. Meningkatkan produktifitas pendidikan, yaitu dengan jalan (1) Memepercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik. (2) Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah peserta didik.
  • b. Memberikan kemungkinan pendidikan yang sifatnya lebih individual dengan jalan: (1) Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional. (2) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan kemampuannya.
  • c. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan jalan: (1) Perencanaan program pembelajaran yang lebih sistematis. (2) Pengembangan bahan pelajaran yang dilandasi penelitian.
  • d. Lebih memantapkan pembelajaran dengan jalan (1) Meningkatkan kemampuan manusia dalam penggunaan berbagai media komunikasi (2) Penyajian data dan informasi secara lebih konkrit.
  • e. Memungkinkan belajar secara seketika, karena (1) Mengurangi jurang pemisah antara pelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya konkret. (2) Memberikan pengetahuan yang bersifat langsung.
  • f. Memungkinkan penyajian pendidikan yang lebih luas, terutama dengan adanya media massa, dengan jalan: (1) Pemanfaatan secara bersama lebih luas tenaga atau kejadian yang langka. (2) Penyajian informasi yang mampu menembus geografis.
  1. Apa itu learning resources?
  • Suatu sumber belajar yang terdiri baik media elektrunik,media cetak,audio visual.
  • Segala informasi berupa data,orang atau wujud tertentu yang dapat digunakan seseorang untuk mencapai suatu kompetensi tertentu.
  • Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.

    (Depdiknas. 2004. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta.)

  • Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk belajar dan manampilkan kompetensinya. Sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar (AECT 1994)

    http://www.imansofyani.co.cc/index.php/artikel/38-pendidikan/95-pemanfaatan-sumber-belajar-dalam-upaya-peningkatan-kualitas-dan-hasil-pembelajaran


    •  
  1. Bagaimana learning resources yang baik?
  • Dapat mengungkapkan atau memberikan informasi yang kita perlukan dan kemungkinan dpt berkaembang dan sumbernya falid.
    • Menurut Association for Educational Communications and Technology (AECT, 1977), sumber pembelajaran adalah segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru, baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran.

Sumber pembelajaran dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu :


a.Sumber pembelajaran yang sengaja direncanakan (learning resources by design)

b.Sumber pembelajaran yang karena dimanfaatkan (learning resources by utilization)


 

  • Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.

( http://akhmad sudrajat.wordpres.com/2008/04/15/sumberbelajar-utkmengektifkanpembelajaran siswa/

Sumber:

Adaptasi dari : Depdiknas. 2004. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta.

  1. Ciri-ciri jurnal yang baik
  • Pustaka primer
  • Sumber falid
  • Diterbitkan secara berkala sehingga up todate
  • Lebih spesifik isinya
  • Terdaftar
  • Terakreditasi
  • Menggunakan sumber primer sebagai acuan
  • Mengandung informasi baru
  • Penulisannya mudah dihubungi melalui cara-cara formal (e-mail,dsb)
  • Terakreditasi
  • Menbicarakan hanya 1 topik
  • Diakhir jurnal biasanya terdapat daftar pustaka
  • Mematuhi pedoman penulisan
  • (dr.Hadi Saroso,M.Kes)
  1. Apa Sumber belajar yang efektif
  • Sumber belajar dapat mewakili keinginan kita
  • Falidasi sumber belajar
  1. Apakah masih sama informasinya jika suatu buku berganti edisi
  • Mengalami revisi sehingga isinya sama akan tetapi semakin lengkap
  1. Apakah semua Sumber Belajar dapat memberikan informasi yang akan dicari
  • Tergantung dari sumber belajar karena sumber belajar saling melengkapi satu sama lain.
  1. Karakteristik menjawab LI yang baik
  • Dengan sumber yang falid
  • Kalimat mudah dimengerti dan tidak ambigu
  • Kalimatnya singkat dan jelas
  • Sumbernya uptodate
  1. Komponen yang terdapat di jurnal
  • Abstrak( uraian singkat )
  • Isi
  • Tinjauan pustaka
  • Judul
  • ABSTRAK

    Satu paragraf, memuat tujuan, metode penelitian yang digunakan, hasil, dan maksimum lima kata kunci ,misal Kata Kunci: aaaa, bbbb, cccc, dddd, eeee

  • PENDAHULUAN

Memuat latar belakang penelitian secara ringkas dan padat, dan tujuan

  • TINJAUAN PUSTAKA

    Memuat teori penting yang mendukung dan berhubungan langsung dengan topik penelitian.Yg dirujuk hasil penelitiannya, bukan landasan teori atau metode penelitiannya.

  • METODE PENELITIAN

Metode penelitian merupakan prosedur dan teknik penelitian

  • HASIL DAN PEMBAHASAN

    Bagian ini memuat data (dalam bentuk ringkas), analisis data dan interpretasi terhadap hasil.

  • KESIMPULAN

    Bagian ini memuat kesimpulan dan saran. Kesimpulan dan saran dapat dibuat dalam sub bagian yang terpisah

    Kesimpulan : menjawab tujuan, bukan mengulang teori, berarti menyatakan hasil penelitian secara ringkas (tapi bukan ringkasan pembahasan)

    Saran : merupakan penelitian lanjutan yang dirasa masih diperlukan untuk penyempurnaan hasil penelitian supaya berdaya guna

  • DAFTAR PUSTAKA

(ati.staff.gunadarma.ac.id/.../Petunjuk+Penulisan+Naskah+untuk+UG+Jurnal.doc)


 

  1. Cara memanfaatkan CD dan video pembalajaran
  • Meminjam CD diperpustakaan elektronik
  • Mengkondisikan suasana nyaman untuk menggunakannya.
  • Membaca istilah dalam CD
  • Nonton bersama dan mendiskusikannya
  1. Bagaimana cara mengarsip Sumber Belajar?
  • Disusun berdasarkan abjad
  • Menyingkat tulisan mnjd 15% dari aslinya
  • Ditulis lengkap nama pengarang tahun terbit, edisi judul,tahun terbit.
  • Pd artikel ilmiah harus ada apa,siapa,sampel, hasil penemuan serta argument dalam penelitian.
  • Pada dasarnya ada 5 macam sistem penyimpanan arsipmenurut (The liang
  • Gie, 1983:219-220) yaitu :

a. Sistem Abjad

  • Penyimpanan yang didasarkan atas urutan abjad, jadi pemberian kode
  • warkat yang akan disimpan dalam arsip dengan menggunakan abjad
  • dari A sampai Z, kode tersebut di indeks dan diberi nama orang, nama
  • organisasi atau instansi yang lain sejenisnya.

b. Sistem Pokok Soal (Subyek)

  • Penyimpanan arsip dengan menggunakan sistem pokok soal yaitu
  • penyimpanan arsip di dasarkan atas perihal surat (pokok soal surat).
  • Arsiparis terlebih dahulu perlu menentukan masalah-masalah yang
  • dihadapi dalam surat menyurat sehari-hari.

c. Sistem Tanggal (kronologis)

  • Sistem penyimpanan dengan menggunakan tanggal (kronologis) yaitu
  • sistem penyimpanan yang berdasarkan tanggal surat atau penerimaan
  • surat. Arsiparis mempergunakan sistem tanggal (kronologis) untuk
  • menyelenggarakan penyimpanan apabila kegiatan surat menyurat
  • dalam organisasi masih berjumlah banyak sehingga dapat disatukan
  • segala pokok permasalahan dalam satu file untuk setiap bulannya.

d. Sistem Nomor

  • Sistem penyimpanan dengan nomor yaitu sistem penyimpanan arsip
  • dengan mempergunakan nomor sebagai acuan. Sistem nomor
  • merupakan sistem tidak langsung (inderct filling system). Sebelum
  • menentukan nomor-nomor yang di perlukan, arsiparis terlebih dahulu
  • harus membuat daftar kelompok masalah-masalah, kelompokkelompok
  • pokok permasalahan seperti pada sistem subyek.

e. Sistem Wilayah

  • Penyimpanan arsip dengan sistem wilayah ialah mengelompokkan
  • berdasarkan wilayah geografis sehingga untuk melakasanakan
  • penyimpanan seorang arsiparis menggunakan nama daerah atau
  • wilayah untuk pokok permasalahan dalam hal ini adalah kota-kota
  • yang berada di wilayah itu.


     


 


 


 


 


 

Step 4


 


 


 


 


 

                        


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

        
 


 


 


 


 


 

Step 5

  1. Aplikasi-aplikasi apa saja bisa dijadikan sumber belajar?
  2. Perbedaan pustaka primier dan sekunder

Step 6

Belajar mandiri

Step 7

Aplikasi-aplikasi yang dapat di jadikan sumber belajar terdapat dua versi :

VERSI I

1. Surat Elektronik (Electronic Mail / E-mail)
Surat elektronik memiliki fungsi yang sama dengan surat yang biasanya kita kirimkan. Hanya saja media penyampaiannya tidak lagi menggunakan alat transportasi mobil, kapal atau pesawat terbang, namun menggunakan jaringan Internet. Bila pada surat biasa diperlukan alamat tujuan agar pesan kita dapat sampai, maka di Internet pun suatu surat elektronik perlu memiliki suatu alamat yang disebut dengan alamat surat elektronik (E-mail Address). Bentuk alamat surat elektronik tersebut adalah: userid@host.domain , anugraha@peter.petra.ac.id

  1. Jaringan Jagad Jembar – JJJ (World Wide Web – WWW)

    WWW ini merupakan aplikasi Internet kedua yang paling banyak digunakan orang, namun juga merupakan aplikasi Intenet yang paling disukai karena tampilannya yang multimedia. Informasi-informasi yang terkandung di server-server yang terhubung ke Internet pada umumnya di-presentasi-kan melalui media WWW dalam format HTML (Hypertext Markup Language)


 

3. Gopher

Gopher sendiri berarti tikus tanah, yang membangun sarangnya di bawah tanah berupa saluran-saluran yang saling terhubung satu sama lain membentuk jaringan terowongan bawah tanah. Karena sifat inilah maka nama Gopher dipakai. Gopher suatu kumpulan informasi di Internet yang disusun secara hirarkis (berbasis menu). Bila WWW adalah kumpulan informasi yang disusun berbasis hypertext maka di dalam Gopher juga dijumpai prinsip hypertext ini, namun semuanya dipresentasikan dalam bentuk menu. Bila kita meng-klik suatu menu, kita akan dibawa ke suatu menu baru yang lebih detil. Demikian seterusnya sampai kita menemukan informasi (dokumen) yang kita inginkan.

FTP adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk memindahkan (transfer) file dari suatu komputer yang terhubung ke Internet ke komputer lain yang juga terhubung ke Internet. Bila kita biasanya mengcopy suatu file dari hard disk ke disket, maka konsep yang sama digunakan, bedanya hanya file dipindahkan antar komputer-komputer di Internet.

Telnet adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk bekerja dari jarak jauh. Misalkan komputer kita sudah terhubung ke Internet dan kita tahu alamat (server) tujuan, maka dengan menjalankan telnet, kita akan masuk ke server tersebut dan menjalankan perintah-perintah di server tersebut seolah-olah kita sedang berada di lokasi yang sama dengan server tersebut. Padahal mungkin saja kita sedang berada di belahan dunia yang lain. Pada umumnya selain untuk bekerja jarak jauh, telnet banyak dipakai untuk masuk ke katalog terpasang (online catalog) dari perpustakaan-perpustakaan di seluruh dunia yang sudah terhubung ke Internet. Dengan menggunakan katalog terpasang tersebut kita seolah-olah sedang berada di dalam perpustakaan yang bersangkutan, mampu menelusur koleksi yang dimiliki perpustakaan itu.


 

VERSI II

  1. Data Primer (Primary Data)

    Data primer merupakan sumber data yang diperoleh langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer dapat berupa opini subjek (orang) secara individual atau kelompok, hasil observasi terhadap suatu benda (fisik), kejadian atau kegiatan, dan hasil pengujian. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer yaitu : (1) metode survei dan (2) metode observasi.

Data Sekunder (Secindary Data)

Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails