SGD 1 LBM 2 Step 1 Learning resources :segala sumber yang baik berupa orang, data yang memungkinkan prosedurnya seseorang bisa belajar apabila berinteraksi dengannya. Jurnal : - kumpulan artikel ilmiah/hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala dan dapat di akses dimanapun dan oleh siapapun. - Belum tentu dapat di akses oleh semua orang Buku teks : sumber pustaka yang ditulis seseorang ahli dalam bidangnya. Ensiklopedia : buku berisi uraian ringkas tentang berbagai hal dari ilmu pengetahuan yang dilengkapi gambar disusun berdasarkan abjad. SGD : suatu kelompok kecil 5-12orang saling bertukar pikiran untuk memecahkan masalah. Step 2 Learning issu&resources,SGD Cara memperolah sumber belajar efektif Learning resources(cara menentukan sumber belajar yang tepat guna dan falid ) Step 3 - untuk memudahkan menyelesaikan masalah yang dihadapi. - mendapatkan informasi untuk menjawab LI - mendapatkan tambahan informasi yang sebelumnya belum didapatkan. -membantu mengelola pendidikan di berbagai jenjang dalam berupaya meningkatkan kualitas pendidikan -mengembangkan sistem penjaminan mutu terhadap pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan, memberikan umpan balik pada kepala pngambil keputusan di berbagai jenjang. -mengembangkan layanan untuk meningkatkan ketrampilan belajar mahasiswa dalam pengembangan karir. -mengembangkan sistem instruksional yang mengarah pada peningkatan kompetensi kelulusan -menkoordnasikan sumber daya untuk mengoptimalkan sumber belajar melakukan deserimnasi dan pelatihan pembuatan bahan ajar serta pemafaatan media pembelajaran. -mendapatkan sumber belajar yang banyak - akses cepat dan murah dan mudah - mendapatkan Sumber Belajar yang falid sesuai dengan tujuan - adanya data yang kurang falid - adanya virus Kelebihan Kekurangan (Depdiknas. 2004. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta.) http://www.imansofyani.co.cc/index.php/artikel/38-pendidikan/95-pemanfaatan-sumber-belajar-dalam-upaya-peningkatan-kualitas-dan-hasil-pembelajaran Sumber pembelajaran dapat dikelompokan menjadi dua bagian, yaitu : b.Sumber pembelajaran yang karena dimanfaatkan (learning resources by utilization) ( http://akhmad sudrajat.wordpres.com/2008/04/15/sumberbelajar-utkmengektifkanpembelajaran siswa/ Sumber: Adaptasi dari : Depdiknas. 2004. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta. Satu paragraf, memuat tujuan, metode penelitian yang digunakan, hasil, dan maksimum lima kata kunci ,misal Kata Kunci: aaaa, bbbb, cccc, dddd, eeee Memuat latar belakang penelitian secara ringkas dan padat, dan tujuan Memuat teori penting yang mendukung dan berhubungan langsung dengan topik penelitian.Yg dirujuk hasil penelitiannya, bukan landasan teori atau metode penelitiannya. Metode penelitian merupakan prosedur dan teknik penelitian Bagian ini memuat data (dalam bentuk ringkas), analisis data dan interpretasi terhadap hasil. Bagian ini memuat kesimpulan dan saran. Kesimpulan dan saran dapat dibuat dalam sub bagian yang terpisah Kesimpulan : menjawab tujuan, bukan mengulang teori, berarti menyatakan hasil penelitian secara ringkas (tapi bukan ringkasan pembahasan) Saran : merupakan penelitian lanjutan yang dirasa masih diperlukan untuk penyempurnaan hasil penelitian supaya berdaya guna (ati.staff.gunadarma.ac.id/.../Petunjuk+Penulisan+Naskah+untuk+UG+Jurnal.doc) a. Sistem Abjad b. Sistem Pokok Soal (Subyek) c. Sistem Tanggal (kronologis) d. Sistem Nomor e. Sistem Wilayah Step 4 Step 5 Step 6 Belajar mandiri Step 7 Aplikasi-aplikasi yang dapat di jadikan sumber belajar terdapat dua versi : VERSI I 1. Surat Elektronik (Electronic Mail / E-mail) WWW ini merupakan aplikasi Internet kedua yang paling banyak digunakan orang, namun juga merupakan aplikasi Intenet yang paling disukai karena tampilannya yang multimedia. Informasi-informasi yang terkandung di server-server yang terhubung ke Internet pada umumnya di-presentasi-kan melalui media WWW dalam format HTML (Hypertext Markup Language) 3. Gopher Gopher sendiri berarti tikus tanah, yang membangun sarangnya di bawah tanah berupa saluran-saluran yang saling terhubung satu sama lain membentuk jaringan terowongan bawah tanah. Karena sifat inilah maka nama Gopher dipakai. Gopher suatu kumpulan informasi di Internet yang disusun secara hirarkis (berbasis menu). Bila WWW adalah kumpulan informasi yang disusun berbasis hypertext maka di dalam Gopher juga dijumpai prinsip hypertext ini, namun semuanya dipresentasikan dalam bentuk menu. Bila kita meng-klik suatu menu, kita akan dibawa ke suatu menu baru yang lebih detil. Demikian seterusnya sampai kita menemukan informasi (dokumen) yang kita inginkan. FTP adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk memindahkan (transfer) file dari suatu komputer yang terhubung ke Internet ke komputer lain yang juga terhubung ke Internet. Bila kita biasanya mengcopy suatu file dari hard disk ke disket, maka konsep yang sama digunakan, bedanya hanya file dipindahkan antar komputer-komputer di Internet. Telnet adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk bekerja dari jarak jauh. Misalkan komputer kita sudah terhubung ke Internet dan kita tahu alamat (server) tujuan, maka dengan menjalankan telnet, kita akan masuk ke server tersebut dan menjalankan perintah-perintah di server tersebut seolah-olah kita sedang berada di lokasi yang sama dengan server tersebut. Padahal mungkin saja kita sedang berada di belahan dunia yang lain. Pada umumnya selain untuk bekerja jarak jauh, telnet banyak dipakai untuk masuk ke katalog terpasang (online catalog) dari perpustakaan-perpustakaan di seluruh dunia yang sudah terhubung ke Internet. Dengan menggunakan katalog terpasang tersebut kita seolah-olah sedang berada di dalam perpustakaan yang bersangkutan, mampu menelusur koleksi yang dimiliki perpustakaan itu. VERSI II Data Primer (Primary Data) Data primer merupakan sumber data yang diperoleh langsung dari sumber asli (tidak melalui media perantara). Data primer dapat berupa opini subjek (orang) secara individual atau kelompok, hasil observasi terhadap suatu benda (fisik), kejadian atau kegiatan, dan hasil pengujian. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data primer yaitu : (1) metode survei dan (2) metode observasi. Data Sekunder (Secindary Data) Data sekunder merupakan sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip (data dokumenter) yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan.
Bila seseorang membaca jurnal ilmiah tanpa melakukan telaah kritis ia tidak mengetahui kelemahan penelitian, sehingga apabila penulis menyimpulkan sesuatu yang salah (yang mungkin saja terjadi ) maka konsekwensinya ia akan mengadopsi simpulan yang salah.
belajar menurut Hanafi (1983: 4-6) adalah untuk:
a.Sumber pembelajaran yang sengaja direncanakan (learning resources by design)
Surat elektronik memiliki fungsi yang sama dengan surat yang biasanya kita kirimkan. Hanya saja media penyampaiannya tidak lagi menggunakan alat transportasi mobil, kapal atau pesawat terbang, namun menggunakan jaringan Internet. Bila pada surat biasa diperlukan alamat tujuan agar pesan kita dapat sampai, maka di Internet pun suatu surat elektronik perlu memiliki suatu alamat yang disebut dengan alamat surat elektronik (E-mail Address). Bentuk alamat surat elektronik tersebut adalah: userid@host.domain , anugraha@peter.petra.ac.id
Aplikasi yang berjalan secara waktu nyata dimana seluruh pemakai bisa berkomunikasi pada waktu yang sama, contohnya: chatting, Video Conference, dsb
Aplikasi yang tidak bergantung pada waktu dimana seluruh pemakai bisa mengakses ke sistem dan melakukan komunikasi antar mereka disesuaikan dengan waktunya masing-masing, contohnya: BBS, e-mail, dsb.
Rabu, 28 April 2010
Informasi Teknologi
Suatu mekanisme pembelajaran dimana mahasiswa dituntut aktif.
Macam-macam sumber belajar
Media elektronik,media cetak,buku-buku pembelajaran,jurnal ,artikel,ensiklopedia,dari pakar maupun ahli.
Library Resource System: Sumber pembelajaran atau sumber informasi yang terdapat dalam perpustakaan. Baik perpustakaan biasa maupun perpustakaan elektronik
Automated Information Retrieval System: mencari sumber pembelajaran melalui situs pencari di internet (browsing internet)
Key Professional text and journal: mencari sumber pembelajaran atau sumber informasi belajar melalui media cetak yaitu text book dan jurnal.
kriteria mencari sumber belajar yang baik
falid
up todate
sumber terpercaya
convenient : Tepat,cocok
most up to date : sering diperbarui
easily found : mudah didapat
easily accesible : mudah diterima
exact information can be located ( FK UNAIR )
Dengan melakukan telaah Kritis yaitu penilaian makalah penelitian yang dipublikasikan. Karena misalkan
Tujuan mencari Sumber Belajar
Hambatan mencari Sumber Belajar
Kurangnya dana dan prasarana
Sifat malas
Kurangnya efisiensi waktu
Jumlah buku pembelajaran yang terbatas
apa kelebihan &kekurangan mencari Sumber Belajar internet
kelebihan
kekurangan
Dapat mendapatkan informasi lebih banyak dan lengkap.
Dapat mendapatkan informasi lebih cepat sebelum buku tersebut terbit.
Bisa bertukar pikiran.
Berkomunikasi tanpa ada batasan ruang dan waktu.
Menambah relasi
Menambah wawasan
Mengakses situs-situs porno
Tidak semua informasi terjamin akurasinya.
Terjadinya pelanggaran privasi.
Dapat menimbulkan keresahan sosial
Terjadi pembajakan intelektual
Tidak adanya penyaringan informasi yang masuk ke suatu negara
Banyak virus komputer yang tersebar di internet
Fungsi learning resources
Untuk mencapai tujuan belajar peserta didik.
Menambahkan wawasan dan ilmu pengetahuan
Untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi&menambah wawasan yang luas.
Fungsi learning resources
Fungsi sumber
a. Meningkatkan produktifitas pendidikan, yaitu dengan jalan (1) Memepercepat laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik. (2) Mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan gairah peserta didik.
b. Memberikan kemungkinan pendidikan yang sifatnya lebih individual dengan jalan: (1) Mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional. (2) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar sesuai dengan kemampuannya.
c. Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan jalan: (1) Perencanaan program pembelajaran yang lebih sistematis. (2) Pengembangan bahan pelajaran yang dilandasi penelitian.
d. Lebih memantapkan pembelajaran dengan jalan (1) Meningkatkan kemampuan manusia dalam penggunaan berbagai media komunikasi (2) Penyajian data dan informasi secara lebih konkrit.
e. Memungkinkan belajar secara seketika, karena (1) Mengurangi jurang pemisah antara pelajaran yang bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya konkret. (2) Memberikan pengetahuan yang bersifat langsung.
f. Memungkinkan penyajian pendidikan yang lebih luas, terutama dengan adanya media massa, dengan jalan: (1) Pemanfaatan secara bersama lebih luas tenaga atau kejadian yang langka. (2) Penyajian informasi yang mampu menembus geografis.
Apa itu learning resources?
Suatu sumber belajar yang terdiri baik media elektrunik,media cetak,audio visual.
Segala informasi berupa data,orang atau wujud tertentu yang dapat digunakan seseorang untuk mencapai suatu kompetensi tertentu.
Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk belajar dan manampilkan kompetensinya. Sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar (AECT 1994)
Bagaimana learning resources yang baik?
Dapat mengungkapkan atau memberikan informasi yang kita perlukan dan kemungkinan dpt berkaembang dan sumbernya falid.
Menurut Association for Educational Communications and Technology (AECT, 1977), sumber pembelajaran adalah segala sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru, baik secara terpisah maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran.
Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
Ciri-ciri jurnal yang baik
Pustaka primer
Sumber falid
Diterbitkan secara berkala sehingga up todate
Lebih spesifik isinya
Terdaftar
Terakreditasi
Menggunakan sumber primer sebagai acuan
Mengandung informasi baru
Penulisannya mudah dihubungi melalui cara-cara formal (e-mail,dsb)
Terakreditasi
Menbicarakan hanya 1 topik
Diakhir jurnal biasanya terdapat daftar pustaka
Mematuhi pedoman penulisan
(dr.Hadi Saroso,M.Kes)
Apa Sumber belajar yang efektif
Sumber belajar dapat mewakili keinginan kita
Falidasi sumber belajar
Apakah masih sama informasinya jika suatu buku berganti edisi
Mengalami revisi sehingga isinya sama akan tetapi semakin lengkap
Apakah semua Sumber Belajar dapat memberikan informasi yang akan dicari
Tergantung dari sumber belajar karena sumber belajar saling melengkapi satu sama lain.
Karakteristik menjawab LI yang baik
Dengan sumber yang falid
Kalimat mudah dimengerti dan tidak ambigu
Kalimatnya singkat dan jelas
Sumbernya uptodate
Komponen yang terdapat di jurnal
Abstrak( uraian singkat )
Isi
Tinjauan pustaka
Judul
ABSTRAK
PENDAHULUAN
TINJAUAN PUSTAKA
METODE PENELITIAN
HASIL DAN PEMBAHASAN
KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA
Cara memanfaatkan CD dan video pembalajaran
Meminjam CD diperpustakaan elektronik
Mengkondisikan suasana nyaman untuk menggunakannya.
Membaca istilah dalam CD
Nonton bersama dan mendiskusikannya
Bagaimana cara mengarsip Sumber Belajar?
Disusun berdasarkan abjad
Menyingkat tulisan mnjd 15% dari aslinya
Ditulis lengkap nama pengarang tahun terbit, edisi judul,tahun terbit.
Pd artikel ilmiah harus ada apa,siapa,sampel, hasil penemuan serta argument dalam penelitian.
Pada dasarnya ada 5 macam sistem penyimpanan arsipmenurut (The liang
Gie, 1983:219-220) yaitu :
Penyimpanan yang didasarkan atas urutan abjad, jadi pemberian kode
warkat yang akan disimpan dalam arsip dengan menggunakan abjad
dari A sampai Z, kode tersebut di indeks dan diberi nama orang, nama
organisasi atau instansi yang lain sejenisnya.
Penyimpanan arsip dengan menggunakan sistem pokok soal yaitu
penyimpanan arsip di dasarkan atas perihal surat (pokok soal surat).
Arsiparis terlebih dahulu perlu menentukan masalah-masalah yang
dihadapi dalam surat menyurat sehari-hari.
Sistem penyimpanan dengan menggunakan tanggal (kronologis) yaitu
sistem penyimpanan yang berdasarkan tanggal surat atau penerimaan
surat. Arsiparis mempergunakan sistem tanggal (kronologis) untuk
menyelenggarakan penyimpanan apabila kegiatan surat menyurat
dalam organisasi masih berjumlah banyak sehingga dapat disatukan
segala pokok permasalahan dalam satu file untuk setiap bulannya.
Sistem penyimpanan dengan nomor yaitu sistem penyimpanan arsip
dengan mempergunakan nomor sebagai acuan. Sistem nomor
merupakan sistem tidak langsung (inderct filling system). Sebelum
menentukan nomor-nomor yang di perlukan, arsiparis terlebih dahulu
harus membuat daftar kelompok masalah-masalah, kelompokkelompok
pokok permasalahan seperti pada sistem subyek.
Penyimpanan arsip dengan sistem wilayah ialah mengelompokkan
berdasarkan wilayah geografis sehingga untuk melakasanakan
penyimpanan seorang arsiparis menggunakan nama daerah atau
wilayah untuk pokok permasalahan dalam hal ini adalah kota-kota
yang berada di wilayah itu.
Aplikasi-aplikasi apa saja bisa dijadikan sumber belajar?
Perbedaan pustaka primier dan sekunder
Jaringan Jagad Jembar – JJJ (World Wide Web – WWW)
SynchronousSystem
AsynchronousSystem
Perbedaan pustaka primier dan sekunder
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar